Wahai Ayah, Hadirlah Di 4 Momen Terbaik Ini

Dalam Sesi Pertama Sekolah Adab Untuk Orang Tua yang diselenggarakan secara offline hari Ahad pagi pukul 07.00 WIB tepat kemarin, Dr. Wido Supraha, M.Si. menyampaikan kepada para Ayah yang Berdaya, agar memanfaatkan minimal 3 (tiga) momen penting dalam kehidupan seorang anak, untuk membangun kesatuan hati dan kedekatan jiwa kepada Ananda tercinta.

Pertama, saat di dalam perjalanan. Coba perhatikan, saat Ayah berdua dengan Ananda, ia akan terlihat jauh lebih siap menerima pesan-pesan terbaik seorang Ayah. Demikian pula Rasulullah SAW saat berjalan bersama ‘Abdullah ibn ‘Abbas r.a., memberikan pesan beliau yang sangat berkesan: “Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. โ€ฆ..”

Kedua, saat makan bersama. Coba perhatikan, saat Ayah membiasakan disiplin makan bersama di meja makan, akan terjadi interaksi positif dengan anak. Demikian pula Rasulullah SAW saat membersamai ‘Umar bin Abi Salamah r.a. yang waktu itu masih kecil, seraya menanamkan kebiasaan dan tata cara makan yang Islami.

Ketiga, saat anak sakit. Coba perhatikan, betapa butuhnya seorang Anak kepada Allah SWT dan orang-orang terdekat yang membersamainya saat-saat berat tersebut. Anak akan sangat terkesan dengan Ayahnya yang membersamainya. Demikian pula Rasulullah SAW saat menjenguk seorang Anak yang beragama Yahudi, di saat ia mengalami sakit keras.

Keempat, saat anak mencapai puncak prestasi. Coba perhatikan, betapa berbahagianya anak saat ia mencapai puncak usahanya, misalkan wisuda tahfizh Al-Qur’an 30 Juz, dihadiri oleh Ayahnya. Seakan ia ingin berterima kasih atas kehadiran seorang Ayah yang menghargai seluruh kelelahan dan perjuangannya selama ini.

Banyak lagi momen-momen indah yang dapat dimaksimalkan seorang Ayah. Pertanyaannya, siapkan kita sebagai seorang Ayah, untuk hadir pada saat-saat momen-momen khusus tersebut?

Dr. Wido Supraha, M.Si. | Direktur Institut Adab Insan Mulia | Founder Sekolah Adab
๐ŸŒ @supraha | adabinsanmulia.org | sekolahadab.com | instagram.com/sekolah_adab

Channel WA:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s